Font size: +
eco-friendly /dramapotatoe

Jadi Konsumen Cerdas, Pastikan 7 Bahan Kimia Ini Tidak Terkandung Dalam Shampo yang Kamu Gunakan

SCROOLIN.COM - Melakukan perawatan rambut menggunakan shampo sudah jadi kebiasaan banyak orang. Dengan alasan lebih instan dan cepat, shampo pasaran kerap jadi pilihan, meski sebenarnya kamu sendiri bisa membuat shampo rumahan sesuai dengan kebutuhan rambutmu. 

Kalau kamu terbiasa menggunakan shampo yang diproduksi di pasaran, kamu harus memperhatikan beberapa zat kimia yang terkandung dalam produk yang kamu gunakan. Karena ada beberapa zat kimia yang berbahaya jika digunakan secara berkala dalam waktu lama. 


Apa saja zat-zat kimia tersebut, Berdasarkan artikel dari Kompas, Scroolin sudah merangkum 7 bahan berbahaya yang harus kamu hindari dalam shampomu.

1. Isopropil alkohol
Bahan kimia ini merupakan pelarut yang banyak ditemukan sebagai pelarut pewarna rambut dan beberapa losion tubuh. Bahan kimia ini memiliki aroma yang cukup kuat, sehingga jika terhirup akan mengakibatkan sakit kepala, pusing dan mual.


2. 'Propylene glycol'
Bahan kimia ini sering disebut sebagai 'agen pembasah' yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampo dan kondisioner. Bahan ini bisa menembus kulit dengan mudah sehingga bisa mengambil protein kulit dan membuat rambut dan kulit kepala tidak sehat.


3. 'Polyethylene glycol'
Bahan kimia ini digunakan pada sejumlah perawatan tubuh dan beberapa produk pembersih. Polyethylene glycol adalah produk dari minyak bumi. Produk yang mengandung bahan kimia ini bisa menyebabkan kulit iritasi dan sensitif.


4. Natrium lauril sulfat (SLS) dan sodium laureth sulfat (SLES)
Kedua bahan kimia ini merupakan bahan kimia yang paling berbahaya dari semua bahan dalam produk perawatan tubuh. Namun, sebagian besar bahan ini digunakan dalam kondisioner rambut. Kedua bahan ini menghambat pertumbuhan kualitas dan membatasi pertumbuhan rambut. Dengan kata lain, bahan ini menyebabkan rambut rontok. Dalam jangka panjang, SLS juga akan menyebabkan katarak ketika terserap dalam kulit sekalipun tidak kontak langsung dengan mata.



5. 'Dietanolamina' (DEA), 'momoethanolamine' (MEA), 'trietanolamina' (TEA)

Semua bahan kimia ini terkandung dalam shampo dan berisiko menyebabkan kanker.


6. FD&C (pigmen pewarna)
Shampo dan kondisioner banyak mengandung pewarna buatan dan sintetis sehingga terlihat lebih menarik. Warna buatan yang digunakan dalam pewarna rambut ini menyebabkan kulit menjadi sensitif dan menyebabkan masalah iritasi dan saraf. Beberapa pewarna mengandung coal tar yang karsinogenik. Penyerapan warna ke dalam kulit akan menyebabkan penurunan kadar oksigen dalam tubuh.


7. 'Formahldehida'

Bahan ini banyak terkandung dalam shampo dan kondisioner rambut yang bisa menyebabkan alergi ketika terkena kulit. Selain itu, bahan ini mungkin akan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Formaldehida juga dikenal bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. 


5 Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Bulu Mata Panjan...
Mengenali Perbedaan Lipstick, Lip Gloss, Lip Cream...

Related Posts